Dalam usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang
boleh dibilang 'masa panen' bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri,
itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner. Saat itu, omzet
penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung
atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan
yang sepi ketika itu.
Tapi, 'masa panen' tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?
Untuk meningkatkan penjualan di waktu sepi, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisnis sepi. Selain diskon, sebenarnya masih banyak pilihan promosi yang bisa Anda gunakan. Anda harus jeli mengamati target pasar, untuk menciptakan promosi yang tepat sasaran. Jika anda belum punya gambaran, semoga 10 ide promosi berikut bisa membantu. Apa saja itu? Silakan simak poin-poin berikut ini:
1. Beli 1 gratis 1
Tapi, 'masa panen' tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?
Untuk meningkatkan penjualan di waktu sepi, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisnis sepi. Selain diskon, sebenarnya masih banyak pilihan promosi yang bisa Anda gunakan. Anda harus jeli mengamati target pasar, untuk menciptakan promosi yang tepat sasaran. Jika anda belum punya gambaran, semoga 10 ide promosi berikut bisa membantu. Apa saja itu? Silakan simak poin-poin berikut ini:
1. Beli 1 gratis 1
Daripada Anda memberi diskon 50%, skema beli 1 gratis 1 akan terasa
lebih menguntungkan kedua belah pihak. Karena, pelanggan tetap membeli
produk anda dengan harga utuh, sekaligus merasa beruntung mendapatkan 1
produk secara gratis.
2. Kursus Gratis
2. Kursus Gratis
Untuk Anda yang menjual produk dengan prosedur pemakaian tertentu,
berikan kursus gratis mengoptimalkan manfaat produk Anda. Pelanggan
tentu akan berterimakasih atas layanan tersebut.
3. Promosi Bersama
3. Promosi Bersama
Kerjasama dengan pemilik bisnis lain yang relevan di sekitar Anda.
Bisa dicoba kerjasama dengan bisnis yang menjual produk pelengkap produk
yang Anda jual, atau bisnis yang memiliki target pasar yang sama dengan
bisnis Anda. Misal, BaksoGranatz membuat promo: Beli 10 porsi
BaksoGranatz GRATIS 1 jam akses internet, bekerjasama dengan warung
internet terdekat.
4. Hadiah Gratis untuk jumlah pembelian tertentu
4. Hadiah Gratis untuk jumlah pembelian tertentu
Berikan hadiah untuk pelanggan yang membeli produk minimal. Misal,
BaksoGranatz memberi hadiah T-Shirt gratis untuk setiap pembelian
minimal 20 porsi BGz.
5. Hadiah Kejutan untuk pembelian tertentu
5. Hadiah Kejutan untuk pembelian tertentu
Kepuasan pelanggan terjadi ketika seseorang mendapatkan lebih dari
yang dia harapkan. Atau, Anda memberikan sesuatu melebihi apa yang Anda
janjikan. Untuk itu, berikan hadiah kejutan untuk pembeli dengan nilai
transaksi tertentu, dan buat dia terpesona dengan layanan bisnis Anda.
6. Jual Paket
6. Jual Paket
Produk yang kurang laris di toko Anda, bisa dijual satu paket dengan
produk yang banyak diminati pembeli. Daripada menumpuk di gudang, jauh
lebih baik untuk secepatnya menjual produk yang kurang laku tersebut.
7. Berikan Voucher
7. Berikan Voucher
Pastikan pengunjung toko Anda kembali di lain waktu, dengan memberi
voucher belanja di toko Anda. Jangan lupa untuk mecantumkan masa berlaku
voucher tersebut.
8. Gratis Layanan Purna Jual
8. Gratis Layanan Purna Jual
Berikan layanan perawatan produk yang pelanggan beli, gratis untuk 2 pekan atau 1 bulan pertama.
9. Konsultasi Gratis
9. Konsultasi Gratis
Pelanggan bisa berkonsultasi mengenai penggunaan dan perawatan produk
yang dia beli di toko Anda. Selama konsultasi, Anda juga bisa
menawarkan produk pelengkap untuk produk yang sudah dibeli pelanggan.
10. Gratis Desain
10. Gratis Desain
Jika Anda pemilik bisnis percetakan, gratiskan biaya desain untuk pemesanan dalam jumlah tertentu.
Compartilhar
Cara Promosi Yang Efektif Dan Efisien
4/
5
Oleh
Fauzi Noer
Catatan!
-Usahakan komentar tidak menyinggung
-Tidak mengandung kata kasar
-Boleh berupa kritik atau saran
-Tidak berbau porno
-Diharapkan tidak menulits link hidup / aktif